Panduan Lengkap Cara Membuat Daftar Isi Otomatis untuk Karya Tulis Ilmiah

Ilustrasi | Sumber : Pixabay

Biotekners - Dalam karya tulis ilmiah, daftar isi sangat berguna untuk membantu pembaca menemukan lebih cepat topik yang ingin diketahui pada halaman tertentu. Dengan adanya daftar isi maka pembaca tidak perlu membuang waktu lama mencari pada halaman berapa topik yang ingin diketahui. Misalnya dalam karya ilmiah, pembaca ingin mengetahui bagaimana metode pengerjaan suatu riset. Maka pembaca cukup mensortir dari daftar isi nomor halaman berapa letak dari penjelasan metode. Dengan demikian maka daftar isi perlu disusun agar nomor halaman dapat terlampir sesuai dengan posisi konten per topik. 

Menyusun daftar isi secara manual terbilang cukup melelahkan. Hal tersebut karena ketika terjadi perubahan pada daftar isi draft yang punya ribuan halaman, maka penyusun harus memeriksa satu per satu kesesuaian daftar isi dengan nomor halaman konten. Hal ini tentu akan banyak menyita waktu dan membuat penyusun bolak-balik memeriksanya. 

Salah satu alternatif agar daftar isi dapat disusun lebih cepat dan sesuai yaitu dengan membuat daftar isi otomatis. Berikut langkah pembuatannya : 

Siapkan File Ms. Word 

File baru di Ms. Word

Jika pada halaman kedua, Anda ingin membuat konten dengan judul BAB I Pendahuluan, maka jangan tulis judul dengan format biasa. Namun gunakan style Heading 1 yang digunakan pada menu home. 

Pilih Home di bagian menu --> Heading 1 untuk judul halaman

Rapikan tulisan BAB I Pendahuluan dengan format Times New Roman dan ukuran font sesuai aturan dalam panduan penyusunan karya ilmiah misalnya : 12 pt, ubah warna menjadi hitam. 

Atur Bagian Judul agar Sesuai Panduan

Langkah selanjutnya adalah tulis untuk bagian sub bab misalnya A. Latar Belakang atau 1.1. Latar Belakang, disesuaikan dengan pedoman. Untuk bagian sub bab ini dibuat style menggunakan Heading 2. Supaya berbeda dengan judulnya. Begitu juga misalnya pada bagian sub bab memiliki sub topik. 

Buat Sub Topik dengan style Heading 2

Hasil setelah disesuaikan dengan format 

Selanjutnya Anda perlu mengimport daftar isi otomatis menggunakan menu Reference --> Table of Contents --> Contents 


Hasil Import seperti pada gambar, Lalu untuk Bagian Contents bisa diganti dengan tulisan Daftar Isi

Hasil Akhir

Demikian tutorial yang bisa disampaikan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. 










Posting Komentar

0 Komentar