Pengenalan Manajemen Data Laboratorium Menggunakan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS)

Sistem informasi manajemen rumah sakit (SIMRS) kini sudah banyak digunakan oleh semua rumah sakit atau klinik dan puskesmas dalam rangka mengikuti era zaman 4.0. Penggunaan kertas di fasilitas kesehatan (faskes) mulai diminimalisir karena dinilai kurang efektif dalam memanajemen data operasional termasuk data pasien dan kegiatan masing-masing unit. 

Penyimpanan dan pengolahan data berbasis digital lebih memberikan kemudahan bagi petugas faskes untuk mengakses kembali data secara realtime jika dibutuhkan sewaktu-waktu. 

Untuk jenis SIMRS saat ini sudah tersedia yang gratis maupun berbayar. Jika menginginkan aplikasi gratis dengan fitur standar beberapa opsi yang bisa digunakan antara lain yang familiar yaitu SIMRS Khanza. Kelebihan dari SIMRS Khanza adalah aplikasi tersebut memiliki fitur yang dibilang sangat lengkap dan sudah sesuai dengan kebutuhan rumah sakit termasuk kebutuhan manajemen data di laboratorium. 

Namun pengalaman dari penulis mencoba menggunakan SIMRS Khanza kesulitannya adalah pada proses instalasi awal. Dengan demikian, bagi petugas laboratorium yang mencoba untuk menginstalasi aplikasi ini di laptop sendiri akan cukup merepotkan. Namun jika rumah sakit memiliki tenaga IT yang siap membantu. penggunaan SIMRS Khanza sangat direkomendasikan. 

Sekarang bagaimana jika petugas kesehatan ingin menjalankan sendiri aplikasi manajemen data khususnya bagi petugas yang bekerja di laboratorium ? Aplikasi SIMRS RSUDAPP bisa menjadi solusi. Untuk mendapatkan aplikasi SIMRS RSUDAPP silahkan download di sini terlebih dahulu. 

Setelah mendownload aplikasi SIMRS RSUDAPP, download lagi aplikasi server lokal, di sini aplikasi yang digunakan yaitu XAMPP. Download aplikasi XAMPP di sini

Setelah semua file didownload maka tahap berikutnya adalah sebagai berikut : 

Membuat Server Lokal

Instal aplikasi XAMPP yang sudah didownload tadi di laptop Anda : 

Ketika muncul pop up, klik Next 


Klik Next Lagi

Klik Next Lagi

Klik Next Lagi dan Seterusnya Next sampai proses install berlangsung dan selesai klik Finish 

Jika aplikasi XAMPP sudah berhasil diinstall, buka Local Disk C --> XAMPP --> HTDOCS, lalu buat folder dengan nama RSUDAPP. Kemudian copy paste kan file ZIP RSUDAPP ke dalam folder RSUDAPP. Selanjutnya ekstrak file yang ada di dalam format ZIP tadi ke dalam folder RSUDAPP. Jika berhasil maka hasilnya seperti di bawah ini : 


Langkah selanjutnya buka aplikasi XAMPP yang sudah diinstall tadi. 



Jika sudah terbuka, klik tombol START pada Apache dan MySQL 

Jika sudah, selanjutnya buka browser (Google Chrome), lalu ketikkan localhost/phpmyadmin . Jika sudah maka akan muncul gambar seperti di bawah ini : 


Buat database baru lalu berikan nama RSUDAPP dengan cara klikk New --> beri nama pada kolom basis data --> Klik Tombol Buat 


Selanjutnya klik database RSUDAPP yang sudah dibuat lalu pilih IMPORT --> Masukkan file bernama  RSUDAPP.SQL 

Jika berhasil, maka akan muncul tabel seperti di samping

Selanjutnya buka browser Google Chrome kembali lalu ketikkan localhost/rsudapp , maka hasilnya akan seperti gambar di bawah ini : 


Selanjutnya login menggunakan username : Userlab , password : 12345 dan akan muncul tampilan seperti di bawah ini : 



Selanjutnya silahkan dicoba untuk menginput data. Selamat mencoba. Jika ada pertanyaan, silahkan mengirimkan pada kolom komentar di bawah ini. 

Terima Kasih

Posting Komentar

0 Komentar