Cara Memasukkan dan Mengatur Gambar dalam Microsoft Word

Dalam penyusunan makalah ilmiah seperti skripsi, gambar yang dimasukkan biasanya harus diatur sesuai dengan pedoman skripsi yang diterbitkan oleh institusi. Adapun ketentuan mulai dari ukuran dan jarak antara gambar dan tulisan. Untuk bisa memudahkan pemahaman tentang memasukkan gambar ke Microsoft Word sesuai pedoman yang diminta oleh institusi, silahkan simak penjelasan berikut : 

Buka File Word Anda 


Buat file baru atau gunakan file kerja sebelumnya, setelah siap, download file gambar di internet atau copy paste kan gambar yang akan dimasukkan ke dalam folder kerja Anda. Setelah file gambar siap, masukkan gambar dengan cara insert --> pilih objek gambar yang sudah disimpan. 

Pilih Insert --> Masukkan gambar yang sudah didownload --> Insert

Positikan gambar ke tengah 

Mengatur Ukuran Gambar 

Sebelum mengatur ukuran gambar, pastikan satuan ukuran dalam Microsoft Word Anda sudah dalam satuan cm bukan inch, mm atau pixel. Jika sudah tersetting ke dalam satuan cm, klik kanan pada gambar, pilih Size and Position. 

Klik kanan pada gambar, pilih Size and Position 

Atur panjang dan lebar gambar sesuai pedoman yang ditentukan oleh institusi --> OK

Membuat Transparant Background Gambar

Jika gambar logo yang Anda download tidak memiliki warna putih, maka Anda perlu membuat bagian belakangnya menjadi transparant. Caranya dengan klik gambar, piilih menu Format --> Color --> Set Transparent Color. 

Jika berhasil, maka background pada logo Anda menjadi bening

Demikian tutorial tentang cara memasukan dan mengatur gambar dalam Microsoft Word. Selamat mencoba dan jika ada pertanyaan, silahkan kirim komentar di bawah. Terima kasih. 


Posting Komentar

0 Komentar