Membuat Bagan Alur Pelayanan Puskesmas Lebih Efektif dan Efisien dengan Aplikasi Ini. Yuk Simak Tutorialnya - Biotekners

Translate

Kamis, 02 Desember 2021

Membuat Bagan Alur Pelayanan Puskesmas Lebih Efektif dan Efisien dengan Aplikasi Ini. Yuk Simak Tutorialnya

Biotekners - Bagan alur pelayanan Puskesmas menjadi pedoman yang diperlukan untuk acuan alur dari pelayanan tindakan. Dengan adanya bagan alur pelayanan di Pueskesmas, maka akan menciptakan keseragaman dari semua bidang yang berada di Puskesmas ketika memberihan asuhan perawatan kepada masyarakat. Selain itu, tujuan bagan dibuat juga sebagai infromasi kepada masyarakat agar dapat mengetahui tahapan suatu proses sehingga tidak memberatkan masyarakat karena melakukan pekerjaan yang berulang atau berpindah-pindah ke tempat pelayanan. 

Dalam satu bidang, terkadang petugas puskesmas dihadapkan kepada tugas untuk membuat bagan alur pelayanan dari setiap jenis layanan kesehatan. Dengan demikian, bagan alur pelayanan yang harus  dibuat bisa lebih dari 1 buah. Selama ini membuat bagan alur pelayanan masih dikerjakan menggunakan Microsoft Word. Hal tersebut dikarenakan Micorosft Word menjadi aplikasi sejuta umat yang sangat mudah digunakan. Meskipun demikian, aplikasi Microsoft Word masih memiliki kelemahan karena penambahan panah dan alur bagan harus diinput manual sehingga cukup mengurangi efisiensi dan efektifitas dalam bekerja. Maka dari itu, ada rekoemndasi aplikasi yang lebih efisien digunakan dalam membuat bagan alur pelayanan. Simak ulasannya di bawah ini :

Download Aplikasi 

Aplikasi yEd ini bisa langsung didownload melalui situs berikut, klik di sini


Membuat Lembar Kerja Baru

Jika sudah berhasil diinstall, buka aplikasi yEd Graph Editor dan buat file kerja baru dengan cara klik New Document pada tampilan awal saat pertama kali aplikasi dibuka. Jika sudah membuat file kerja baru, maka tampilannya akan muncul seperti di bawah ini : 

Tampilan awal aplikasi yEd

Untuk membuat bagan alur di awal, rekan-rekan hanya perlu menarik ikon-ikon yang berada di sisi kiri kanvas. Tarik dan letakkan di atas canvas. 


Menambahkan Label

Untuk memberikan keterangan pada ikon, Anda dapat menggunakan fitur label dengan cara klik kanan pada ikon yang diinginkan --> Add Label

Jika sudah menambahkan label --> Ketik label

Menambahkan Panah

Yang menjadi keunggulan dari aplikasi yEd ini adalah kursor panah yang bisa ditarik secara bebas dan otomatis tanpa terganggu dengan ketepatan lokasi panah. Cara menambahkan panah yaitu dengan membuat ikon baru di bawah atau samping ikon yang sudah dibuat kemudian tarik ikon awal dan yang baru. 

Hasil panah yang dibuat

Mengubah Bentuk Panah

Anak panah yang digunakan dalam aplikasi yEd dapat diubah bentuknya sesuai kebutuhan. Caranya adalah sebagai berikut : klik panah --> ubah pada bagian kolom di samping kanvas

Ubah bentuk panah sesuai kebutuhan dan lanjutkan desain. Jika Anda ingin menambahkan keterangan pada panah juga dapat dilakukan dengan mudah yaitu klik kanan --> Add Label. 



Mengekspor File

Jika file sudah selesai dikerjakan, Anda dapat mengekspor file edsain menjadi dalam bentuk format gambar ( Jpeg, PNG, GIFF dan TIFF). Klik menu FIle --> Export --> Pilih format yang dibutuhkan 

Jika menginginkan background tidak berwarna, centang Transparent background

Hasil Akhir

Hasil yang diperoleh adalah sebagai berikut : 



Demikian informasi ini disampaikan. Semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin didiskusikan dapat komen di bawah. 







Share with your friends

Assalamualaikum. Ada pertanyaan ? Yuk diskusi di bawah