Langkah Mudah Menyusun Daftar Pustaka Pada Riset Keperawatan Menggunakan Mendeley

website Mendeley | sumber : mendeley.com

Biotekners - Dalam membuat karya tulis hasil riset keperawatan, menyusun daftar pustaka adalah bagian terpenting karena setiap referensi yang digunakan menjadi pondasi awal sebuah artikel. Banyaknya jumlah referensi yang digunakan akan bergantung kepada poin-poin yang akan dibahas. Seringkali referensi yang jumlahnya banyak ini menyulitkan penulis untuk membuatnya tertata dengan baik. Masalah yang biasa dijumpai oleh penyusun manuskrip hasil riset adalah ketidaksinambungan antara pernyataan yang ada di dalam naskah dengan referensi yang dipakai. Jadi terkadang terdapat kutipan pustaka pada kalimat artikel namun tidak ditemukan dalam daftar referensi pada akhir halaman atau sebaliknya. 

Untuk mengatasi masalah tersebut, maka solusinya adalah dengan menggunakan Mendeley. Aplikasi ini memiliki fitur yang dapat berfungsi mengolah daftar pustaka yang kita gunakan dalam artikel ilmiah. Cara menggunakannya pun cukup mudah untuk dipelajari. Terutama bagi peneliti awam yang tidak begitu menguasai teknologi. Adapun langkah penggunaan Mendeley dijelaskan sebagai berikut : 

Download Aplikasi 

Download aplikasi Mendeley versi desktop melalui link berikut klik di sini
Download for Windows jika menggunakan Windows atau MacOS jika menggunakan MacBox (Produk Apple) 

Jika sudah didownload, lakukan proses installasi aplikasi seperti biasa : 




Klik Tombol Install dan tunggu sampai selesai --> Finish

Membuat Akun di Mendeley

Jika proses instalasi sudah selesai, maka selanjutnya Anda perlu membuat akun terlebih dahulu dengan cara klik tombol Register. Anda akan diarahkan ke website perusahaan Mendeley yaitu Elsevier. 


Tulis Email yang akan digunakan 

Lengkapi Pendaftaran sampai Berhasil

Jika sudah berhasil, verifikasi pendaftaran di akun email Anda, buka menu Inbox atau Spam. Masuk ke akun dengan cara membuka aplikasi Mendeley yang sudah diinstall tadi apabila registrasi berhasil diverifikasi. 

Menghubungkan Mendeley dengan Microsoft Office Word

Agar bisa memasukkan sumber pustaka dalam artikel, kita perlu menghubungkan antara Mendeley dan Microsoft Word. Caranya klik menu Tools --> Install MS Word Plugin

Proses instalasi Microsoft Word plugin selesai, langkah selanjutnya adalah membuat folder kerja. Klik menu Create Folder dan berikan nama folder

Memasukkan Sumber Pustaka 

Terdapat 2 metode untuk memasukkan sumber pustaka ke dalam Mendeley : ketik manual atau memasukkan file format referensi. 

Input Sumber Pustaka Manual 

Jika ingin memasukkan dengan cara ketik manual maka buka menu File --> Add Entry Manually --> Pilih Salah satu jenis sumber (Book/Book Section/Journal/Thesis dll). 

Tulis secara manual sumber pustaka seperti contoh pada gambar kemudian save


Jika berhasil maka akan muncul hasil seperti di atas

Input Sumber Pustaka dengan Format

Untuk memasukkan sumber pustaka dengan format khusus maka Anda perlu mencari website jurnal yang menyediakan file referensi dengan format seperti (.RIS, BiBTEX, Endote dan sejenisnya). Contoh pada website di bawah ini : 

Jika sudah selesai didownload, langkah selanjutnya Anda hanya perlu mengimport file ke dalam daftar pustaka di Mendeley 


Hasil seperti di atas

Memasukkan Sumber Pustaka di Mendeley ke Ms. Word

File daftar pustaka di Mendeley sudah selesai disusun, langkah selanjutnya adalah memasukkannya ke dalam Ms. Word. Buka aplikasi Ms. Word 

Buka Menu References --> Pastikan Mendeley telah Muncul di Ms. Word 

Letakkan kursor pada akhir kalimat, klik Inserti Citation --> Tulis Judul atau Nama penulis yang akan dimasukkan sebagai referensi kutipan

Atur style pustaka sesuai syarat artikel ilmiah yang anda ikuti di instansi masing-masing

Membuat Halaman Daftar Pustaka

Langkah terakhir dari penggunaan Mendeley adalah membuat halaman daftar pustaka. Caranya Buat Halaman Baru --> klik REference --> Insert Bibliography



Demikian informasi ini disampaikan. Terima Kasih. Semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan, dapat berdiskusi menggunakan kolom di bawah. 

Posting Komentar

0 Komentar