Pra Kongres & Deklarasi Himpunan Perawat Informatika Indonesia (HPII) - Biotekners

Translate

Pra Kongres & Deklarasi Himpunan Perawat Informatika Indonesia (HPII)


“Digital Health Transformation for Better Quality of Nursing Care”

Teknologi menjadi bagian penting dalam pelayanan kesehatan dunia yang dinamis saat ini. Berbagai aspek seperti electronic patient records, information systems, human-computer interaction, decision support systems, intelligent systems, e-learning, telehealth telah banyak dikembangkan termasuk oleh perawat yang menjadi bagian penting dalam pelayanan kesehatan. Nursing Informatics (Keperawatan Informatika) telah menjadi salah satu spesialisasi dalam bidang keperawatan di dunia sejak tahun 1984 karena peran penting perawat dalam pelayanan kesehatan utamanya dalam inovasi dan penggunaan teknologi informasi. 

Beberapa ilmuan dunia pada tahun 1985 telah mendefinisikan Nursing Informatics sebagai aplikasi dari teknologi informasi didalam tugas perawat termasuk dalam pendidikan, manajemen dan praktik. Integrasi dari ilmu informatika, komputer, dan keperawatan untuk menunjang praktik keperawatan dan manajemen adalah definisi yang ditawarkan pada tahun 1989. The American Nurses Association (ANA) yang merupakan organisasi yang menghimpun perawat Amerika yang merupakan profesi yang paling dipercaya oleh masyarakat Amerika selama 19 tahun berturut-turut (the most trusted profession) mempublikasikan tujuan dan standar Nursing Informatics pada tahun 1994-1995 dan menetapkan Nursing Informatics sebagai spesialisasi yang mengintegrasikan antara ilmu keperawatan, komputer, dan ilmu informatika untuk menyediakan manajemen komunikasi data, pengetahuan dalam bidang keperawatan pada tahun 2001. Saat ini profesi keperawatan mendefinisikan Nursing Informatics sebagai integrasi antara teknologi informasi dan semua aspek keperawatan termasuk praktik klinik keperawatan, manajemen, penelitian dan pendidikan.  

Perkembangan teknologi informasi di Indonesia juga berkembang pesat. Berbagai inovasi teknologi informasi yang diciptakan dan didesain untuk peningkatan pelayanan kesehatan seperti Electronic Health Record, mHealth, dan telemedicine telah banyak digunakan dalam pelayanan kesehatan dan dikenal masyarakat Indonesia. Transformasi kesehatan digital (digital health) menjadi keniscayaan dan akan terus dikembangkan. Perawat Indonesia yang memiliki minat, pengetahuan, serta ketrampilan dalam bidang teknologi informasi telah lama berkontribusi dalam perkembangan digital health di Indonesia. 

Oleh karena itu perawat pegiat informatika Indonesia merasa perlu untuk berhimpun dalam organisasi seminat bidang informatika keperawatan (nursing informatics) untuk mewujudkan kontribusi dalam perkembangan digital health di Indonesia. Perawat Indonesia dapat mengambil bagian penting dan berkontribusi dalam roadmap pengembangan digital health di Indonesia. Saat ini telah berhimpun perawat seminat dalam bidang informatika dari seluruh provinsi di Indonesia untuk menyelenggarakan pra kongres dan deklarasi Himpunan Perawat Informatika Indonesia (HPII). Kami yakin perawat informatika Indonesia akan semakin banyak memberikan kontribusi penting dalam peningkatan pelayanan kesehatan di Indonesia dalam digital health transformation untuk kualitas pelayanan keperawatan dan kesehatan yang lebih baik.

Jadwal Kegiatan Webinar, Pra Kongres, dan Deklarasi

  1. Hari, tanggal : Ahad, 21 November 2021
  2. Waktu : 09:00 – 13:00 WIB
  3. Zoom : bit.ly/webinarhpii21
  4. Youtube         : bit.ly/HPIIYoutube
  5. Narasumber : Prof. Dr. Rr. Tutik Sri Hariyati, S.Kp., MARS
  6. Moderator : Ns. Ariani Arista Putri Pertiwi, S.Kep., MAN., DNP
  7. MC         : Ns. Andi Amalia Widani, S.Kep., M.Kep

Share with your friends

Assalamualaikum. Ada pertanyaan ? Yuk diskusi di bawah