Cara Membuat Video Animasi Promosi Kesehatan (Promkes) Menggunakan Microsoft Power Point (Part 1) - Biotekners

Translate

Cara Membuat Video Animasi Promosi Kesehatan (Promkes) Menggunakan Microsoft Power Point (Part 1)

Video merupakan sekumpulan yang bergerak dan dapat mengandung konten visual maupun audiovisual. Video menjadi media interaktif yang bisa digunakan untuk memberikan edukasi, terutama terkait edukasi promosi kesehatan. Ada 2 jenis video yang bisa digunakan untuk penyampaian edukasi kesehatan : video animasi (berupa gambar 2 atau dimensi) dan video non animasi (berupa gambar nyata berbentuk fotografi). Untuk bisa membuat satu video, butuh waktu berjam-jam dan skill yang cukup dalam menguasai software pembuatan video. Hal ini yang biasanya menyulitkan para praktisi kesehatan untuk memproduksi video edukasi kesehatan. Selain itu, keterbatasan waktu juga menjadi kendala. Meskipun demikian, rekan-rekan tidak perlu khawatir karena ada beberapa alternatif software yang bisa digunakan tanpa harus memiliki skill khusus. Software tersebut diantaranya yaitu Microsoft Power Point (> 2010) dan Wondershare Filmora. Dalam tulisan pertama ini, kita akan bersama-sama belajar bagaimana cara membuat video promosi kesehatan menggunakan Microsoft Power Point dulu. Berikut tahapannya : 

Siapkan Aplikasi Microsoft Power Point 

Microsoft power point yang direkomendasikan untuk membuat video animasi adalah versi di atas 2010 (2013, 2014, 2016 dst...). Alasaan mengapa menggunakan Microsoft versi di atas 2010 adalah karena pada versi tersebut telah tersedia fitur eksport video dalam format video (MP4., AVI., FLV dst..). 

Microsoft Power Point 2013


Siapkan Lembar Desain Kosong

Untuk membuat lembar desain kosong, klik File --> New --> Blank presentation 


Atur Ukuran Rasio Lembar Desain

Hal ini perlu diperhatikan terutama target video yang akan dipublikasi. Jika anda menginginkan video dipublish di Feed Instagram, maka perlu mengatur rasio kanvas desain menjadi 1 : 1 artinya bentuk video akhir adalah rectangle dengan masing-masing setiap sisinya sama (misal 800 x 800 pixel). Namun jika dipublikasikan untuk Channel Youtube dianjurkan menggunakan rasio 16 : 10 (1280 x 800 pixel). 

Mengatur Lembar Canvas : Buka Desain --> Slide Size. Jika ingin mengatur ukuran sendiri pilih Custom Size


Buat judul Promkes pada Canvas : Klik Insert --> Text Box


Sesuaikan warna background agar tidak terlalu kontras dengan judul tulisan : Klik Kanan --> Format Background 

Pilih Color --> Warna yang diinginkan, disini saya menggunakan warna grey muda

Tambahkan gambar vektor berkarakter sesuai selera, untuk menemukan gambar karakter di atas dapat membaca tulisan saya pada tutorial desain menggunakan Corel Draw

Hapus background gambar dengan memilih menu Color --> Set Transparent Color 

Hasilnya

Menambahkan Efek Animasi

Setelah canvas desain dan konten gambar sudah siap. Langkah selanjutnya adalah kita perlu mengatur efek animasi pada slide sehingga memiliki tampilan yang dinamis. 

Klik objek yang akan diberikan animasi pilih menu Animation --> Pilih Fly In 

Untuk mengatur arah keluarnya objek dapat pilih Effect option

Jangan lupa untuk membuat objek dapat muncul otomatis, aktifkan Animation pane --> Effect option --> Timing 

Pada menu timing pilih With Previous
Lakukan langkah yang sama pada objek tulisan

Eksport Hasil Kerja Desain

Setelah semua objek diberikan efek animasi, silahkan eksport objek ke dalam format video (.MP4, AVI, FLV, dst..). Jika ingin menambahkan objek lain dipersilahkan untuk berkreasi. 


Hasil Kerja 


Demikian tutorial cara membuat video animasi promkes menggunakan Microsoft Power Point (Part1). Untuk tutorial selanjutnya kita akan mencoba membuat video animasi menggunakan Wondershare Filmora. Semoga bermanfaat. Jika terdapat pertanyaan dapat berkomentar pada kolom di bawah. 



Share with your friends

Assalamualaikum. Ada pertanyaan ? Yuk diskusi di bawah