Cara Membuat Webcam Meet atau Zoom Beranimasi untuk Webinar - Biotekners

Selasa, 07 Juli 2020

Cara Membuat Webcam Meet atau Zoom Beranimasi untuk Webinar

Assalamu'alaikum Wr. Wb, 
Zoom atau Google Meet menjadi aplikasi yang terlaris digunakan selama masa pandemic corona. Kedua aplikasi ini menawarkan kemudahan kepada penggunanya untuk melakukan pertemuan jarak jauh melalui video conference. 
Fitur web camera menjadi salah satu penciri aplikasi video conference. Dengan adanya fitur web camera antar pengguna bisa saling bertatap muka meskipun tidak dalam satu tempat yang sama. 

Dalam aplikasi Zoom, terdapat keunggulan dibandingkan Google Meet yaitu ketika melakukan video conference, pengguna dapat mengganti gambar latar dalam video. Namun gambar latar tersebut tidak bergerak.

Sebenarnya ada trik khusus untuk membuat video dalam web camera lebih bervariasi yaitu dengan menggunakan animasi background. Trik ini sebenarnya hanya tambahan karena dalam aplikasi Zoom atau Google Meet tidak menyediakan fitur tersebut. 

Untuk bisa menciptakan animasi ini, Anda membutuhkan aplikasi tambahan yaitu Open Broadcaster Software (OBS) dan Add On nya bernama OBS Virtual Cam. Kedua aplikasi ini dapat didownload di sini . 

Install aplikasi dan Add On nya seperti biasa lalu buka aplikasi OBS yang sudah diinstal tadi. Maka tampilannya akan seperti gambar di bawah ini : 

Tampilan OBS
Tampilan OBS 

Untuk membuat tampilan baru, klik tombol Scene pada pojok kiri bawah. Seperti dalam gambar di bawah ini : 
Buat Scene Baru
Membuat Scene
Beri nama scene untuk membedakan antara scene 1 dan seterusnya. Setelah menambahkan scene, selanjutnya tambahkan source. Source yang bisa ditambahkan ada bermacam-macam seperti webcam, screen capture, audio dan video.