Asuhan Perawatan (Askep) Luka Post Operasi dengan Pen Eksterna - Biotekners

Sabtu, 05 Oktober 2019

Asuhan Perawatan (Askep) Luka Post Operasi dengan Pen Eksterna

Assalamu'alaykum Wr. Wb 
Dalam postingan ini saya akan menjelaskan teknik perawatan luka Post Operasi dengan Pen Eksterna. 



Detil Kasus : 
Tn. A, usia 38 tahun riwayat kecelakaan open fracture discontinue. Klien mengatakan sudah menjalani operasi 3 x. Operasi pertama dilakukan pemasangan pen interna tetapi gagal karena infeksi sehingga dilakukan operasi kedua dan informasi dari dokter bedah, terjadi kematian pada patahan tulang yang digunakan sebagai penghubung retakan tulang. Operasi kedua kemudian membuang patahan tulang dan ditemukan banyak pus pada bagian bawah patahan tulang. Heacting yang dilakukan pada kulit yang terbuka juga mengalami infeksi. Operasi ketiga kemudian dilakukan untuk memberikan pen eksterna karena pen interna tidak memungkinkan untuk pertumbuhan. Klien mengatakan tidak ada nyeri. 
Data objektif yang diperoleh KU baik,  kesadaran compos mentis, terdapat luka terbuka, kedalaman subkutan, eksudat 0% (pus - / hema - ), granulasi 100%, slough 2%, tunnel +, kontraksi luka +, infeksi -, epelisasi 30% (sekitar dan beberapa luka minor), luas luka 24 cm2 (P 6 cm. L 4 cm). 

Intervensi yang direncanakan : melakukan perawatan luka sesuai implementasi tenaga kesehatan sebelumnya (irigasi dengan NaCl 4,5%, dressing primer dengan pemberian sufratul),cleansing pen eksterna dengan alkohol 70%.

Masalah : balutan luka sudah kotor. 
Kerusakan integritas kulit. 
 
Implementasi : buka perban penutup luka, kaji kondisi luka, irigasi luka dengan Nacl 4,5 % menggunakan spuit 5 cc, keringkan luka dengan kassa steril. Tutup luka dengan dressing primer sufratul. Tutup dengan kassa steril. Plester. 
Membersihkan pen dengan alkohol 70%. 

Evaluasi : 
Klien merasakan lebih nyaman, tidak ada nyeri. Masalah kebersihan luka teratasi. Kerusakan integritas kulit belum teratasi, dilakukan perawatan luka selanjutnya setiap 1x sehari. Pemberian terapi farmasi berkolaborasi dengan dokter penanggung jawab di RS. Bhayangkara. 

Sekian

Share with your friends

Assalamualaikum. Ada pertanyaan ? Yuk diskusi di bawah