Manfaat yang Diperoleh Jika Konsumsi Minyak Ikan - Biotekners

Selasa, 08 Oktober 2019

Manfaat yang Diperoleh Jika Konsumsi Minyak Ikan


Minyak ikan merupakan bahan pangan yang kaya akan manfaat, di peroleh dari jaringan lemak ikan seperti trout, mackerel, tuna, herring, sarden, dan salmon. Menurut pakar nutrisi, minyak ikan sangat menyehatkan karena mengandung DHA (Docosahexaenoic Acid), dan EPA (Eicosapentaenoic Acid) yang mana keduanya merupakan tipe asam lemak Omega 3. Bagian dari asam lemak Omega 3 ini merupakan sumber terbaik vitamin A dan D.


Selain itu, para ahli kesehatan dunia mengatakan bahwa mengkonsumsi minyak ikan dalam bentuk supplement  lebih banyak memberikan dampak positif bagi tubuh. Beberapa masalah kesehatan yang dapat di cegah antara lain :

1.       Depresi Post Natal
Depresi Post Natal merupakan kondisi di mana para ibu yang baru melahirkan mengalami depresi berat bisa disebabkan karena adanya riwayat penyakit atau masalah psikologis. Menurut Dr. Michelle Price Judge, University of Connecticut School of Nursing, mengatakan bahwa minyak ikan yang di konsumsi secara rutin selama kehamilan mampu mencegah ibu dari masalah depresi post natal. Menurutnya, bagian penting dari minyak ikan yang berperan dalam pengurangan gejala depresi pada ibu hamil adalah kandungan DHA yang terdapat dalam minyak ikan tersebut.

2.       Masalah Kesehatan Mental
Sebuah pilot study tahun 2007 menjelaskan bahwa minyak ikan di percaya mampu mengobati anak muda yang memiliki masalah perilaku, atau di kenal dengan Attention Deficit Hiperactivity Disorder (ADHD). Penelitian yang dilaksanakan selama 8 minggu pada anak-anak yang mengkonsumsi EPA dan DHA antara 8 sampai 16 gram  per hari menunjukkan perbaikan yang significant pada perilakunya (di ukur berdasarkan observasi melalui orang tua  dan cara psikiater bekerja bersama mereka).

3.       Masalah Daya Ingat
Asam lemak omega 3 yang dikonsumsi juga mampu meningkatkan kerja memori pada anak muda, hal ini seperti di sampaikan oleh peneliti dalam jurnal Plus One (Oktober 12).

4.       Masalah Kesehatan Jantung
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Jason R. Carter, Michigan University Technology, memaparkan bahwa orang yang konsumsi minyak ikan lebih dari 1 bulan tidak akan memiliki stress mental. Hal tersebut dapat di amati berdasarkan kesehatan jantung yang meliputi denyut jantung, aktivitas saraf sympatik otot (MSNA).

5.       Penurunan Penglihatan
Konsumsi DHA yang cukup mampu melindungi seseorang dari penurunan fungsi penglihatan. Sebuah studi yang dilakukan oleh Yves Sauve dan timnya dari University of Alberta, menjelaskan bahwa Macular Degeneration (AMD) menjadi penyebab penurunan fungsi pengelihatan seseorang, terutama bagi mereka yang menginjak usia 50 tahun. Sehingga dengan adanya konsumsi DHA yang cukup diharapkan mampu mencegah terjadinya AMD yang menjadi penyebab utama masalah penglihatan.

6.       Eplilepsi
Epilepsi merupakan jenis penyakit neuro degenerative yang ditandai dengan gejala kejang kejang pada penderitanya. Sebuah pilot study tahun 2014 menjelaskan bahwa pasien epilepsy yang di beri konsumsi omega 3 dari minyak ikan setiap hari mampu mengurangi frekuensi kejangnya.

7.       Manfaat Untuk Kesehatan Janin
Studi yang dilakukan oleh tim peneliti dari L’Universite Laval Laval menemukan bahwa ibu hamil yang rajin mengkonsumsi minyak ikan selama 3 bulan dalam masa kehamilan akan memberikan efek meningkatakan perkembangan sensori, cognitive, dan motorik si janin.


Share with your friends

Assalamualaikum. Ada pertanyaan ? Yuk diskusi di bawah