Panduan Lengkap Membuat E-Learning dengan Media yang 100% Gratis - Biotekners

Minggu, 29 September 2019

Panduan Lengkap Membuat E-Learning dengan Media yang 100% Gratis

Pontianak - Assalamu'alaykum Wr. Wb

Jika kamu adalah seorang dosen, memberikan pengajaran dengan metode yang menarik dan fleksibel tentu akan sangat membantu mahasiswa memahami dengan baik materi yang disampaikan.


Kasus yang sering dijumpai dosen ketika menyampaikan materi kepada mahasiswa adalah kurangnya perhatian mahasiswa terhadap apa yang disampaikan. Masalah tersebut bisa muncul karena ada distraksi lingkungan yang mengganggu kondusifitas kelas atau faktor dari internal mahasiswa (ngantuk, lapar, pusing, galau karena asmara, dan lain-lain).
Oleh karena masalah tersebut, maka menyediakan sarana yang bisa membantu mahasiswa agar dapat mengulang materi yang telah diajarkan menjadi solusi yang prioritas. Sarana yang disajikan tentunya tidak mengesampingkan tujuan utama pembelajaran, namun berfokus kepada kemudahan dan sustainibilitas.


Di era digital yang sudah berkembang pesat seperti sekarang, sangat disayangkan jika masih ada dosen yang belum memanfaatkan peran teknologi. Padahal dengan bantuan teknologi akan ada banyak inovasi yang bisa disuguhkan.


Dari sekian banyak substansi pembelajaran, ada 5 teknik penyampaian materi yang sering digunakan dosen :
1. Membuat bahan presentasi
2. Seminar di kelas
3. Membuat kasus
4. Membuat soal latihan
5. Mengadakan ujian


Lalu bagaimana caranya supaya semua teknik diatas bisa dikemas dengan menarik menggunakan teknologi ? Berikut pembahasannya :


Sebelum menyiapkan pembelajaran dengan teknologi, persiapkan terlebih dahulu aplikasi berikut dalam gadget :
1. Akun Gmail
2. Google Classroom (Android / Iphone)
3. Windows Media Capture - Screen Recorder (PC / Laptop) (Download installannya klik di sini)
4. Google Drive (PC / Laptop)
5. Akun Blogger (PC / Laptop)
6. Kahoot.com (PC / Laptop)
7. quizizz.com (PC / Laptop)


Nah setelah aplikasi di atas sudah siap, berikut beberapa tahapan yang bisa dikerjakan untuk memodifikasi 5 teknik penyampaian materi di atas ke dalam bentuk E-learning. Perhatian penting ! ke 6 aplikasi di atas semuanya gratis 100% yah.


Oke, let's begin !

1. Membuat Bahan Presentasi
Pada tahap ini tidak ada yang berbeda dari teknik pembuatan presentasi pada umumnya. Untuk membuatnya, Anda bisa menggunakan aplikasi Microsoft power point (PPT) atau Google Slides. Tips supaya presentasi terlihat menarik dan tidak membosankan adalah kurangi teks dan perbanyak gambar berwarna.


2. Seminar Di Kelas
Nah, untuk tahap ini mulai manfaatkan aplikasi gratis dari Windows Media Capture atau aplikasi perekam layar. Anda bisa install dulu aplikasinya di PC. Caranya buka file WM.Caputre --> Install seperti biasa --> Copy semua isi dalam folder Crack ke dalam lokal disk C --> Program File (x86) --> Folder WM Capture --> Jalankan WM Capture
Install WM-Capture

Cara merekam layar

Aplikasi WM Capture ini digunakan untuk merekam slide presentasi yang sudah dibuat sambil Anda menjelaskan yang ada dalam slide tersebut. Jika sudah selesai merekam, simpan filenya --> Upload ke Google Drive --> Sematkan ke postingan akun Blogger. Untuk penggunaan google drive, jangan lupa untuk membuat Gmail terlebih dahulu. Untuk dapat memiliki Akun Blogger, cukup Anda memiliki 1 akun Gmail saja.
Upload video rekaman ke dalam Google Drive
Setelah terupload, double klik file video
Putar video 
Klik Sematkan Item untuk Mendapatkan Code HTML
Copy kode HTML
Paste sementara di Notepad
Buat akun di blogger.com

Tentukan nama tampilan Anda di Blog
Buat blog baru
Blog sudah jadi, buat entri baru
Copy Paste kode HTML tadi ke Entri Blogger --> Publikasikan
VIdeo E-larning berhasil dipublikasi

3. Membuat Kasus
Untuk berdiskusi kasus, Anda bisa manfaatkan Google Classroom. Fitur unggulan yang terdapat pada Google Classroom memungkinkan pengajar atau pelajar berinteraksi dalam diskusi secara live. Dengan Google Classroom ini, maka Anda bisa memberikan link postingan materi yang sudah Anda sematkan di Akun Blogger tadi.

Install Google Class di Smartphone

Bagikan link Postingan Blog tadi ke dalam Google Class
Pilih Link
Sebelum mempostingkannya di Google Classroom, buat dahulu pengantar berupa 1 kasus yang mesti mereka pecahkan sehingga mereka akan menghubungkan kasus tersebut dengan materi yang sudah Anda buat. Dengan demikian, pembelajaran akan memiliki tantangan untuk mahasiswa.
Ingatkan mahasiswa secara teratur setiap hari atau 2 hari sekali untuk menyelesaikan pembelajaran online yang sudah Anda sediakan di Google Class


4. Membuat Soal Latihan
Nah, usai Anda membuat semua bahan pembalajaran online. Selanjutnya Anda perlu menguji sejauh mana pemahaman mereka menggunakan kuis singkat saat pertemuan. Adapun aplikasi yang digunakan dalam teknik ini yaitu Kahoot.com. Langkah pembuatan akun Kahoot.com seperti gambar di bawah ini. Kelebihan yang dimiliki aplikasi Kahoot ini adalah pengguna bisa menciptakan kompetisi untuk peserta didik sehingga masing-masing peserta akan saling bersaing untuk memperoleh nilai tertinggi dalam menjawab soal.

Buat akun di Kahoot.com
Daftar menggunakan akun Gmail saja


Pilih akun sebagai Guru
Beri nama akun Kahoot

Buat soal, pilih Create Soal --> Isi pada tiap bagian yang dilingkar --> Publish


5. Mengadakan Ujian
Sesi ini adalah sesi yang sering ditakuti mahasiswa. Ya karena pada tahap ini seringkali mahasiswa merasa tidak siap karena belum menguasai 100% materi yang akan diujikan. Ada banyak faktor yang menyebabkan ketidaksiapan mahasiswa yaitu bisa karena mereka tidak mempunyai waktu untuk mengulang materi atau karena penyampaian dosen yang terlalu cepat. Kegagalan yang dialami mahasiswa tidak sepenuhnya berasal dari mereka, jika dosen bisa memfasilitasinya dengan baik tentu mereka dapat dengan mudah mengikuti pelajaran dengan cepat. Namun, jika metode pembelajaran yang disajikan dosen sudah lebih dari cukup bisa jadi kekurangan itu berasal dari mahasiswa.
Nah untuk membuat soal ujian, Anda bisa gunakan https://quizizz.com. Dalam website ini ada fitur yang bisa digunakan untuk membuat soal dan Anda bisa mengatur waktu limit ujian juga. Step by step penggunaan Quizziz dijelaskan dalam gambar di bawah ini
Buat akun di Quizizz,
Buat akun Quizizz menggunakan Gmail
Demikian

Share with your friends

4 komentar

  1. Waahh saya baru sadar ternyata banyak cara yg digunakan dalam belajar mengajar ya..seneng banget 😀😀😀

    BalasHapus
  2. Wah ternyata mudah banget membuat materi e-learning menggunakan teknologi, thanks tutorialnya ya

    BalasHapus
  3. paling seru sih pakai Kahoot, kayak main game tapi bisa diisi dengan materi-materi yang dipelajari di sekolah. thanks for sharing

    BalasHapus
  4. wah, lengkap sekali ye. tinggal agak dirapikan jak ni jarak per barisnye biar agak padat. hehe.

    BalasHapus

Assalamualaikum. Ada pertanyaan ? Yuk diskusi di bawah